Pages

30 Oktober 2015

Lovely Review: Purbasari Matte Lipstick 83 Piruz, 84 Ruby, 89 Jade, 90 Crystal

Hola...

Kali ini saya ingin mereview matte lipstick dari brand lokal yang sangat tersohor dan merupakan must have item perempuan-perempuan pecinta lipstick saat ini. Udah pada tahu yaaa.. Kan di judul udah disebutin. Walaupun must have item tetapi lipstick ini lumayan langka, susah didapat di beberapa kota, even di Jakarta yang merupakan kota besar yang serba ada. Praise the Lord, saya masih gampang dapetin lipstick ini. Banyak dijual di toko kosmetik dan supermarket di Jogja.

Swatch shade Lipstick Matte Purbasari yang saat ini saya miliki :3


Lipstick Purbasari pertama saya adalah no. 90 namanya Crystal. Saya beli di toko dekat rumah. Yepz, toko kecil di deket rumah. Walaupun tokonya nggak ngasih diskon sihhh...

Berikut penampakan si Crystal di bibir saya..


Bibir saya terlihat berbinar seperti Crystal nggak? Enggak yaaa..

Warnanya perpaduan nude dengan hint peach yang lumayan kenceng. I'm not into the orange-y lipstick, jadi lipstick ini jaraaaaaaang banget saya pakai. Enggak tahu kenapa merasa nggak cocok aja pakai lipstick dengan hint peach, orange-y, dsb. Etapi pengecualian ding untuk Just Peachy nya Wet n Wild.

Selanjutnya ini adalah no. 84, nama shade nya Ruby. Beli ini sebenarnya lapar mata aja. Niatnya mau beli warna Zamrud (no. 87) seperti yang direview Lintang di sini. Tetapi sampai tokonya malah kesemsem sama si Ruby.


Di bibir saya jatuhnya merah dengan hint oranye. Lagi-lagi saya kurang suka. Kenapa? Yaktul, karena merahnya ada hint oranyenya. Walaupun samar, tapi saya tetep nggak suka.
Bagusan zamrud. Ah... Tapi kenapa saya nggak jadi beli yang zamrud aja sihhh... Kenapaaaaa...

Enam bulan kemudian saya memutuskan beli lipstick matte Purbasari lagi, gara-gara diiming-imingi Ephong dan Puput yang abis dari Mirota Kampus dan bilang kalau di sana barusan datang stok baru dan shade nya sedang lengkap-lengkapnya. Padahal saya waktu itu lagi sakit, saya bela-belain ke Mirota Kampus diantar pacar. Bihihik. Ini dia dua lipstick yang berhasil membuat saya sembuh dari sakit hanya dalam sekejap saja LOL

Purbasari Matte Lipstick in Piruz No. 83


Lipstick ini berwarna coklat dengan hint mauve. Ini warna paling labil diantara 4 lipstick Purbasari yang saya punyai. Bagaimana tidak, lipstick ini kalau saya pakai kadang hint mauve nya muncul, kadang juga tidak. Padahal kalau pas muncul mauve nya cakep banget. Tapi walaupun begitu, lipstick ini tetap favorit saya dan jadi andalan untuk sehari-hari.

Purbasari Matte Lipstick in Jade No. 89

Perhatiin nggak dari tadi saya selalu nyebut nomornya. Karena di kalangan pergaulan saya, yang lebih populer adalah nomornya, bukan nama shadenya. Tumben-tumbenan yah, biasanya pada protes kalau merk Indonesia cuma nyebutin angka doang tanpa penambahan nama. Ehh.. Giliran dikasih nama malah nggak diapalin. Padahal namanya cantik-cantik dan nggak susah buat diingat, nama-nama batu alam gitu. Tapi ya sudah lah yaa.. Perempuan emang banyak maunya..


Nomor 89 ini warnanya pink agak vibrant. Tapi baguuuss.. Kalau di foto keliatan ada hint coral nya, aslinya sih pure pink. Shade ini nggak bikin wajah saya jadi terlihat medok. Supa Love!
Dari empat warna ini saya paling suka Piruz dan Jade.. Hayooo... Masih ingat nggak? Nomor berapa?
Sudah liat penampakannya di bibir.. Sekarang saya mau membahas tentang:

Tekstur dan Bentuk Lipstick



Kalau kata saya, lain shade, lain teksturnya. Paling seret dari keempat lipstick yang saya punya ini adalah no. 90. Tetapi yang lain smooth aja sih kalau diaplikasikan. Mudah diaplikasikan ke bibir, dan tidak menggumpal. Kecuali nomor 90 yang kadang-kadang menggumpal kalau dipakai.

Bentuk lipsticknya kecil, lebih kecil jika dibandingkan dengan lebar bibir atas dan bawah saya. Mempermudah ketika dipakai dan hasilnya lebih rapi di bibir.

Bau

Lipstick ini berbau seperti sirup frambozen. Tetapi ada juga yang bilang baunya mirip permen karet Yosan. Ada yang tau permen karet Yosan? Kalau tidak, berarti kita beda generasi.

Kemasan


Kemasannya berbentuk kotak memanjang, kecil sehingga mudah diselipin di dalam pouch, berwarna hitam. Ketika dibuka, bagian yang biasa untuk memutar lipstick sehingga lipstick bisa naik ke atas tersebut berwarna emas. Perpaduan warna yang elegan.
Oia, di kemasannya terdapat tulisan merk "Purbasari". Seperti lipstick lain pada umumnya, di bagian bawah tertempel stiker yang menunjukkan keterangan nomor dan nama shade, serta perusahaan pembuatnya.

Keterangan Produk dan Ingredients

Berikut ini deskripsi produk dan ingredients yang tertera pada kotaknya. Yepz, lipstick ini dikemas di dalam kotak kardus, bukan sekedar plastik yang membalut kemasannya.


Harga

Saya yakin bellezas sudah pada tahu harga lipstick ini. Yak.. Di bawah 30 ribu. Saya beli dengan harga 26.800 di Mirota Kampus pada hari jumat. Penting ya bok nyebutin harinya. Penting dongs, kan kalau di Mirota lain hari, lain pula harganya. Dulu awal beli harganya 22 ribuan saja.

Hasil Akhir

Sesuai dengan namanya ya, lipstick ini hasil akhirnya matte yang benar-benar dead matte. Tapi beda banget dengan dead mattenya MAC Riri Woo yang benar-benar kering di bibir. Kalau Purbasari masih ada efek lembapnya. Matte tapi nggak ngeringin bibir. Matte tapi tetap moist di bibir. Nah.. Lohh.. Bingung nggak? Rasain sendiri aja deh.. Nanti pasti tahu apa yang saya maksud ;)

Lipstick ini nggak mudah transfer ke tisu, sapu tangan, atau gelas. Tapi kalau digosok-gosok dengan tenaga dalam sih ya tetap akan transfer ke tisu/sapu tangan. Kalau dipakai buat makan yang ringan masih lumayan lah, enggak pudar-pudar amat. Tapi kalau dipakai buat makan gorengan, ya bye bye, adios, auf wiedersehen, sayonara.


Kesimpulan

• harga terjangkau.
• Kalau tinggal di Jogja, lipstick ini termasuk gampang didapat (walau terkadang untuk shade tertentu agak sulit didapat)
• Hasil akhir matte, tetapi tidak membuat bibir kering.
• Tidak mudah meninggalkan stain di gelas.
• Tahan lama.


Repurchase? Yups... Saya masih pengen nomor 87 Zamrud. Mmmm.. Topaz (nomor 86) juga lucu sihh..
Recommended? Yes. Lipstick matte murah meriah tetapi kualitasnya jempolan.
Penilaian kemasan: dari 10
Penilaian produk: 10 dari 10
Penilaian keseluruhan: saya mau kasih 10 dari 10 ahh


_________________________________________________________________________________

UPDATE
Sempat beredar kabar bahwa lisptick ini mengandung merkuri, namun ternyata berita tersebut tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Pasalnya, si penyebar berita tersebut melakukan uji merkuri pada lipstick dengan cara menggosokkan cincin emas pada tangan yang telah diolesi lipstick tersebut. Hati-hati dalam menyerap informasi ya, teman-teman. Uji kandungan merkuri pada kosmetik tidak sesederhana itu. Untuk artikel lebih lanjut yang membahas tentang ini, bisa bellezas baca di Blog Random Wonderland yang ditulis oleh Lintang Rinastiti (diklik aje, mpok..)
_________________________________________________________________________________

Buat yang penasaran adonan apa saja yang saya pakai di wajah, berikut list nya:

Wajah:
  • Himalaya Clear Complexion Whitening Day Cream
  • Bedak Fanbo Gloria 5 shade #4 Ochre
Alis:
  • Pixy eyebrow pencil in Brown
Yaelah.. Cuma 3 doang... Ngapain dibikin list?

Adios!!



48 komentar:

  1. waduh pengen nyoba juga jadinya mbaaaa, kayaknya nanti mau beli yg nomor 83 deh, bagus dibibir, murah lagi ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak..ini murah banget :D makasih ya udah mampir xoxo

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
    3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

      Hapus
  2. ahhahaha, dasar yah cewek.
    Tapi purbasari tempat mu murah amat def, asli ini mah XD
    yang 87 yang kmu kesemsem sama kayak no 82 yang gw cari cuman beda nya yang satu ada sparkle nya gitu lah, yang satu matte, gw dah beli lagi kemaren 89 dan 87 :P

    Meet Me, Writer Of | My Dellilah Blog |

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nih udh dapet yang 87...wakakaka...iya ada shimmernya,tapi it's ok kok..shimmernya nggak lebay. nah sekarang bingung mau pake lipstick warna ginian kemana...nonton konser band gothic/glam rock kali ya? wakaka

      Hapus
  3. great aku keracunan, langsung mupeng sama ruby and piruz. warnanya ketje badaiii semoga nemu lah ya

    BalasHapus
  4. Huwaah.... pertama tama sebelum ngomentarin lipstik, toss dulu!! Aku gak apal nama batuan2nya, tapi malah apal nomor nya. Pas kamu bilang 'inget jade dan piruz nomor brp?' Waaah aku langsung scroll ke atas lg :p

    aku punya nmor 82, 85, 88, 89. Masih tetep penasaran sama yg lain. Tapi harus nahan diri duluuuu.... yakali kemaren dalam sebulan aku langsung beli itu lipstik empat2nya sekaligus~~

    Aku penasaran dgn yg katanya nude paling banyak dicari, nmor 81 sama 90. Tapiiii setelah aku beli nmor 89 (dimana warnanya itu pink tapi agak kalem) aku kurang sukaaaa... hihi, mungkin aku emang lebih doyan sama yg gelap2 dan ngejreng. Dan favoritku nmor 82! ungu gelap ala vampy gitu.

    Eeeh shimmer 87 segimana ya? Aku baca komen di atas kamu udah beli ya?? Review dongggg... hihihIi

    Btw, main main ke blog ku ya klo senggang di tulisandarihatikecilku.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah...panjang yaa komennya... wakakaka

      aku kurang suka sama nudenya purbasari, soalnya dia berhint oranye. aku rada aneh kalau pake yang oren-oren. tapi tetep sih penasaran sama 81 juga... hahaha...

      wahh.. kebalikan yaa.. aku malah suka banget sama lipstick warna ngejreng. yaa.. walaupun nggak semua yang ngejreng aku suka sih...

      Trus yang 87 katanya mirip-mirip sama 82, cuma beda di shimmer. Tapi kalau kata aku 87 ini nggak ungu, tapi dark red. Nanti deh aku review juga... sayang lipstick sehits ini kalau ngga direview... :D :D

      Oke siappp...

      Makasih ya udah mampir dan ninggalin komen xoxo

      Hapus
  5. Ini ketemu di mirota kampus ug mana Mbak Tintas? Yg simanjuntak kah? Kl lewat bagian kosmetik selalu keder duluan, mbak2 BA disana gahar2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya... ini yang di C. Simanjuntak. Selama ini belum nemu yang gahar.. Hehehe.. Mungkin mereka udah jiper duluan sama saya :D

      Hapus
  6. tak tahan juga.. akhirnya nyobain beli yg no.83 sama 89...

    BalasHapus
  7. Aku pake yang 87 dan hasilnya kece mbak. Beli di mutiara ada mbak. Tapi mbake yg jaga agak judesss

    BalasHapus
    Balasan
    1. udah beli,cyin.. hihihi.. di mutiara emang pada judes-judes ya? aku kok ngerasanya biasa aja.. ada toko yang pelayannya lebih judes dari mereka soalnya LOL

      Hapus
  8. Yg 84 keceee bgt mbaaaa pengeeennn...
    Aku baru punya yg 82 mirah.. Review nya ada disini
    https://gilagincu.blogspot.com

    Btw ini gimna cara nya ya buat nge follow blog nya mba?? *gaptek, baruu di dunia blog soal nya :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi ada kamu yaaah.... (kk ipit)

      Hapus
    2. iyaaa, yang merah bagus, tapi kurang cucok kalo buat daily.

      buat follow blog ini bisa klik di sidebar, di bawah tulisan "Beldades" kan ada tombol "Join this site", nahh.. yang itu diklik aja.. HTH :)

      Hapus
  9. Ada hoax niyyy katanya lipstik purbasari mengandung mercuri..olesin ke kuit tangan terus gosok pake cincin emas hasilnya hitam sementara lipstik merk lain ga,,,bingung niyyy beneran apa hoax yaaa secara aku juga pake purbasari no 90 jatuh cinta banget dengan no itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu emang hoax kok.. kebenarannya nggak bisa dipertanggungjawabkan. bisa baca-baca di sini tentang uji merkuri pada kosmetik yang ternyata nggak pernah sesederhana itu : http://randomandquick.blogspot.co.id/2014/03/heboh-uji-merkuri-dalam-kosmetik.html

      Hope this help yaa :)

      Hapus
  10. Belinya dmna ya kak?
    Aku cari2 di sekitar supermarket jogja ga ada?

    BalasHapus
    Balasan
    1. di mana-mana ada kok.. selain di mirota ada juga di mutiara, pamella, bahkan WS juga kadang-kadang ada.

      Hapus
  11. Belinya dmna ya kak?
    Aku cari2 di sekitar supermarket jogja ga ada?

    BalasHapus
  12. Belinya dmna ya kak?
    Aku cari2 di sekitar supermarket jogja ga ada?

    BalasHapus
  13. Mbak diskon di mirota kampus rabu ama jumat, atau jumat tok??
    Hihi nyari diskonan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap hari diskon, cuma kalau jumat diskonnya lebih gede *apal yaa..* :D

      Hapus
  14. hiii... ikut nimbrung ya :D

    yaaas first time beli lipstick produk lokal and toally love it!!! finally kantong ku amaaaan, sakit kalapnya aku beli semua shade T.T oh iyaaa kalo yang mau beli bisa di aku ya hehehe

    thankyouu

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli semua shade tapi kalau bertahap nggak bakal bikin kantong jebol kok.. hehehe *pengalaman pribadi*

      Hapus
    2. Mo pesen donk mbak lipstikx

      Hapus
  15. Kenapa engga suka mba? Yang paling cantik keliattannya justru yang no 84 imho

    BalasHapus
    Balasan
    1. soalnya merah keoranyean warnanya... :D aku suka blue based red

      Hapus
  16. Maaf mba mau ikut tanya, kalo di amplas ada ga ya yg jual? Atau cuma di mirota?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm.. kurang tau ya... jarang ngemall sih :D setauku selain mirota ada di mutiara, pamela

      Hapus
  17. Di jakarta gada yg jual huhu:(

    BalasHapus
    Balasan
    1. masa sih?udah cari di pasar baru? atau kalau ngga beli online aja,udah banyak kok yang jual online :)

      Hapus
  18. Makasih review nya kak, jadi pengen yg 89,, ditunggu review selanjutnya

    BalasHapus
  19. Makasih review nya kak, jadi pengen yg 89,, ditunggu review selanjutnya

    BalasHapus
  20. di Kota Jogja belinya dimana mbak? bingung...

    BalasHapus
  21. Makasih udah sharring kaka, aku udah follow blognya, follow back juga ya :D
    Review Purbasari Matte Lipstick No. 86 Topaz

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry, dear.. No ads allowed on comment section :)

      Hapus
  23. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  24. Mbak, thanks reviewnya.
    Kalo cocok dg no 90 nya Purbasari, trus kalo pengen nyoba Mineral Botanica cocoknya nomor brp?
    thanks

    BalasHapus
  25. Barusan saja AsliBandar.net membagikan bonus rollingan kepada member setia. Bagi kamu yang belum mempunyai user id dan belum mendapatkan bonus Rollingan. Segera mendaftar agar senin depan kamu juga bisa mendapatkan bonus Rollingan yang akan di bagikan AsliBandar.net

    Hanya di AsliBandar.net kamu dapat menikmati bonus Rollingan dan Bonus Double Referral. Segera mendaftar dan buktikan bonus bonus yang akan kamu dapat sekarang juga. !!!

    Untuk Info lebih lanjut silahkan menghubungi kami melalui :

    Pin BB : 2B3C34F4
    YM : Aslibandar_CS
    Skype : AsliBandar
    Telp : +855882388666
    FB : AsliBandar

    BalasHapus

Spread some loves :)