Translate

Chamber of Tips: Merawat Rambut Panjang

02.32

Memiliki rambut panjang adalah suatu kebanggaan tersendiri bagi saya. Rambut panjang identik dengan rempong, ribet, perawatan yang memakan waktu cukup lama, dan sebagainya.. dan sebagainya. Setidaknya, itu yang terlintas di benak saya sewaktu saya lagi seneng-senengnya berambut spikey.
Ternyata saya salah. Rambut panjang itu selalu membuat saya merasa lebih seksi (dimohon hadirin untuk tidak pingsan), lebih feminin, tapi kalau lagi mau berpenampilan tomboy juga cucok-cucok aja, menambah kesan gahar malahan, metal *ahelah*. sampai saat tulisan ini diterbitkan, saya masih suka dengan rambut panjang saya. entah sampai kapan, tergantung takdir.



Saya punya beberapa tips untuk bellezas yang pengen punya rambut panjang, tapi ngga tau cara merawatnya.

1. Usahakan untuk tidak keramas setiap hari. karena keramas setiap hari dapat mengikis minyak alami pada rambut. Apa akibatnya jika minyak alami terkikis? Rambut akan jadi sangat kering, dan rapuh. Kalau sudah rapuh, rambut akan mudah patah. Kalau sudah begini, rambut akan lebih susah dirawat dan susah panjang. Patah terus, kapan panjangnya?

2. Gunakan shampo yang cocok untuk rambut. saya menggunakan natur aloe vera pencuci rambut, dan conditionernya saya juga pakai natur aloe vera.


Natur Pencuci Rambut


Natur Conditioner

3. Rawat rambut secara intensif dengan hair mask. bellezas dapat menggunakan produk yang banyak di jual di supermarket, toko kosmetik atau online shop.


hairmask siap pakai dengan bahan alami dari Rub and Rinse.

Akhir-akhir ini saya lebih memilih untuk menggunakan bahan alami sebagai masker rambut. selain lebih murah, hasilnya juga lebih saya rasakan. saya biasanya menggunakan santan untuk hairmask setiap satu minggu sekali. cara pakainya mudah saja, dengan memakai santan instan cair dan aplikasikan santan tersebut mulai dari kulit kepala sampai ke ujung rambut. pijat-pijat kulit kepala selama 15 menit agar nutrisi dari santan meresap ke akar rambut. banyak vlogger dan blogger mengatakan bahwa santan sangat efektif untuk mempercepat pertumbuhan rambut, sehingga rambut lebih cepat panjang. saya kurang memperhatikannya sih karena rambut saya sudah sangat panjang, jadi saya ngga peduli mau rambut cepet panjang atau ngga. pada ujungnya saya gunakan lebih banyak santan karena ujung rambut saya kering. hal ini juga untuk mencegah terjadinya rambut bercabang. tutup rambut dengan shower cap, diamkan selama 1-2 jam. biar ngga mati gaya, sambil menunggu saya melakukan kegiatan lain seperti mencuci baju dan mengepel lantai.
setelah itu mandi dan keramas deh. pakaian bersih, lantai bersih, badan juga segar. heheheh.

kadang saya melakukan perawatan dengan menggunakan minyak-minyakan, seperti minyak jarak, minyak kemiri dan minyak kelapa murni (virgin coconut oil).



4. Trim/potong ujung rambut setiap satu bulan sekali. saya biasanya melakukannya sendiri di rumah. karena kalau dilakukan di salon, kapsternya suka kebanyakan motong. ini dilakukan untuk mencegah rambut bercabang.


Sumber foto dari sini.


5. Gunakan serum rambut atau vitamin rambut. Favorit saya L'oreal Extraordinary Oil.



Selain wanginya enak, teksturnya mudah meresap ke dalam rambut dan tidak greasy. Bisa digunakan setelah keramas, sebelum keramas atau satu malam sebelum keramas.
Vitamin rambut ini berfungsi melindungi rambut dari sinar matahari, panas alat styling rambut, debu dan polusi. Gunakan vitamin rambut/serum rambut hanya pada batang rambut. Jangan kena kulit kepala kalau ngga mau ketombean.

Bisa juga gunakan leave on conditioner. Saya menggunakan leave on dari Dove.



Fungsinya sama seperti conditioner bilas, yaitu melembutkan rambut dan mempermudah penataan rambut.



Teksturnya mudah meresap ke dalam batang rambut, tidak greasy dan tidak memperberat rambut. Gunakan hanya pada batang rambut saja,kalau ngga mau.. yak...anda benar.. ketombean..

6. Jangan terlalu kencang mengikat rambut. Karena ikatan yang terlalu kuat akan mencabut akar rambut, sehingga rambut lebih mudah rontok.


sumber foto dari sini.


7. Pijat kulit kepala sebelum tidur selama 10-15 menit. Cukup pijatan ringan saja untuk memperlancar peredaran darah ke kulit kepala. Jika peredaran darah di kulit kepala lancar, maka nutrisi untuk rambut akan lebih mudah diserap oleh akar. Hasilnya, rambut akan lebih kuat dari akarnya, dan juga terlihat lebih berkilau sehat.


sumber foto dari sini.


8. Gerai rambut pada saat tidur. Hal ini akan menghindarkan rambut dari stress, membuat bentuk rambut terlihat lebih alami dan mengistirahatkan rambut.

Semoga tips perawatan rambutnya bermanfaat ya..
See you, candies..
Peace out!


You Might Also Like

2 komentar

Spread some loves :)