Translate

Lovely Review : Ristra Suncare SPF 17

01.21



sebagai makhluk hidup yang tinggal di daerah tropis, dimana sinar matahari memancar sepanjang tahun, kulit membutuhkan perlindungan untuk menangkis sinar UVA dan UVB yang sangat jahat.
saya pernah menggunakan sunblock yang sangat greasy ketika saya duduk di bangku SMA. kemudian saya ilfil sama sunblock dan ngga mau pakai lagi. padahal aktifitas saya banyak di luar, tapi ya anak SMA pada masa itu mana ngerti skincare sihh.. ohh.. mungkin hanya saya yang ngga begitu memahami tentang perlindungan kulit terhadap bahaya sinar matahari.


kemudian semakin bertambah umur, saya menjadi khawatir akan kondisi kulit saya, takut kalau-kalau nanti kulit saya mengalami penuaan dini. saya cari informasi dari berbagai sumber, dan menemukan bahwa pemakaian sunblock itu sangat penting. "harus diaplikasikan pada kulit sebanyak 365 kali dalam setahun" begitu kata majalah wanita yang sempat saya baca di perpustakaan kampus ketika menunggu jam sesi kuliah selanjutnya. dari kalimat itu, pasti kita akan segera tahu bahwa sunblock sangat tidak diperbolehkan untuk di-skip penggunaannya dalam skincare regime setiap pagi. wekawekaweka. terdengar lebay ngga sihh?
saya pernah memakai sunblock skin aqua yang pernah saya review dimari. setelah kadaluarsa (karena isinya banyak dan nggak habis-habis :p ) saya sempat menggunakan sunblock dari laneige. tapi karena greasy, dan saya menginginkan angka SPF yang lebih kecil, maka saya berhenti menggunakan laneige tersebut, dan berganti pada sunblock keluaran ristra.

sunblock ini konon diformulasikan oleh dokter kulit dan formulanya cocok untuk digunakan di daerah tropis.
dari kemasan bagian depan sudah dipaparkan bahwa sunblock ini mampu melindungi kulit dari UVA dan UVB, mengandung SPF 17 dan PH balanced.
di kemasan bagian belakang terdapat keterangan manfaat produk, cara penggunaan, peringatan dan ingredients.

tekstur dan warna produk



produk ini bertekstur seperti cream berwarna putih susu. setelah diaplikasikan ke kulit, tidak menimbulkan white cast jadi hasil akhirnya benar-benar transparan. cream nya mudah meresap ke kulit wajah dan tidak meninggalkan kesan greasy.
berikut penampakan wajah saya sesaat setelah pemakaian produk. tidak terlihat greasy sama sekali, dan terasa sangat ringan di wajah.



manfaat



seperti yang tertulis di kemasan bahwa produk ini bermanfaat untuk melindungi kulit dari kerusakan dan kehitaman akibat sinar UVA dan UVB. saya sendiri sudah menggunakannya sebulan lebih dan kulit wajah saya tidak mengalami penghitaman.

kemasan



produk ini dikemas dalam bentuk tube dengan tutup fliptop. wwrna kemasan keseluruhan adalah kuning khas warna kemasan sunblock, dengan warna tulisan dominasi merah dan putih. tersedia dalam 2 kemasan, dan kemasan yang saya punya ini adalah yang kecil. isi produknya 40 ml, yang pastinya tidak akan cepat habis untuk dipakai di wajah. tetapi kalau bellezas menginginkan sunblock untuk dipakai di badan juga, lebih baik beli kemasan yang lebih besar. yes yes yes, produk ini bisa dipakai di badan juga. aheyy..

bau
produk ini mengandung fragrance yang mungkin akan bereaksi negatif terhadap kulit sensitif. baunya tidak begitu menyengat, tetapi tercium cukup tajam jika sengaja diendus dengan hidung produk ini. setelah dioleskan wanginya akan hilang.

harga
untuk sunblock ristra kemasan 40 ml saya dapatkan dengan harga IDR 40.500, dari harga aslinya IDR 46.000.

mengapa saya memilih angka SPF yang kecil dari produk sunblock?



karena perbedaan perlindungan dari sunblock berSPF kecil dengan yang berSPF besar tidak begitu signifikan. sunblock berSPF 15 bisa melindungi kulit dari bahaya sinar matahari sebanyak 93 %, sedangkan SPF 30 perlindungannya sebanyak 98%. lagipula dengan bertambahnya angka SPF, bertambah pula bahan kimianya. uwhhh.. saya nggak mau wajah saya ketemplokan bahan kimia terlalu banyak.

tips menggunakan sunblock
1. yang terpenting dari penggunaan sunblock adalah pengolesan kembali di permukaan kulit ketika sudah terbasuh air atau terlalu lama terpapar sinar matahari.
2. walaupun sudah memakai sunblock, sebisa mungkin lindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. bisa memakai payung atau topi ketika beraktifitas di luar jika memungkinkan.
3. gunakan sunblock dalam jumlah kecil, dan ratakan di kulit. pemakaian dalam jumlah yang agak banyak tidak akan menambah perlindungan kulit, tetapi justru akan membuat kulit terlihat greasy.

kesimpulan
• proteksi SPF 17.
• mudah meresap di kulit.
• tidak meninggalkan kesan greasy.
• terasa ringan di wajah.
• melembapkan kulit.
• tidak membuat kulit semakin hitam
• harga terjangkau.
• mengandung fragrance yang mungkin tidak cocok untuk kulit sensitif.
• kemasan yang kecil praktis dan mudah untuk dibawa pergi.

recommended? iya, untuk kulit yang tidak sensitif terhadap fragrance
penilaian kemasan: 7 dari 10
penilaian produk: 8 dari 10
penilaian keseluruhan: 7.5 dari 10
repurchase? probably yes.

bubye, fellaz.. I'll be back very soon.


You Might Also Like

8 komentar

  1. Mba, sunblok ristra ama skinaqua enakan mana ya? Aku biasanya pakai ristra, hasilnya matte jg gitu kan abis apply. Tapi pingin nyoba skinaqua krn gampang dapetinnya dimana2 ada :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. IMO enakan skin aqua sih, lebih light teksturnya, dan angka SPF nya lebih tinggi. Gampang meresap juga walau hasilnya nggak sematte Ristra.

      Hapus
  2. Hai kak tanya dong klo buat wajah yg berminyak ni sunblock cocok g ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cocok kok.. sunblock ini hasilnya matte di wajah :)

      Hapus
    2. cocok kok.. sunblock ini hasilnya matte di wajah :)

      Hapus
  3. Bagus ya reviewnya. Saya pun paling suka sama sunblock Ristra ini karna nggak lengket. Kadang malahan saya pake sunblock ini aja tanpa pake bedak lagi.:)

    -Nova

    BalasHapus
  4. Kak suncare nya bisa dipakai buat berenang gak? Gak luntur kena air? Kalo dibawa berenang tahan berapa lama? 😂

    BalasHapus
  5. Kak suncare nya bisa dipakai buat berenang gak? Gak luntur kena air? Kalo dibawa berenang tahan berapa lama? 😂

    BalasHapus

Spread some loves :)